logo
Header Image

Kurikulum Pesantren

sejarah

Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.

Kurikulum merupakan barometer atau alat pengukur keberhasilan program pendidikan di suatu lembaga dengan memperhatikan prinsip-prinsip: Peningkatan iman, taqwa, dan akhlak mulia; Peningkatan potensi, kecerdasan, dan minat peserta didik; Keragaman potensi daerah dan lingkungan; Tuntutan pembangunan daerah dan nasional; Tuntutan dunia kerja; Perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni; Agama; Dinamika perkembangan global; dan Persatuan nasional dan nilai-nilai kebangsaan.

Kurikulum yang dikembangkan di Pesantren At-Tajdid Muhammadiyah Tasikmalaya adalah kurikulum integratif yang mengintegrasikan berbagai disiplin keilmuan (agama dan umum) dengan pendekatan holistik berupa keterampilan sesuai dengan tujuan Pendidikan Muhammadiyah.

Pendaftaran Santri Baru

Penerimaan Santri Baru Tahun Pelajaran 2025/2026

wakaf

Wakaf Pengembangan dan Pembangunan Pesantren